RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah Cikulu
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / I
Tema : Peristiwa
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit
A. Standar Kompetensi
1. Mendengarkan: Mendengarkan penjelasan tentang simbol daerah/lambang korps.
B. Kompetensi Dasar
1.2. Menjelaskan kembali secara lisan atau tertulis penjelasan tentang simbol daerah/lambang korps.
C. Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat Mendengarkan penjelasan tentang lambang Pramuka.
§ Siswa dapat Mencatat pokok-pokok penjelasan tentang lambang Pramuka.
§ Siswa dapat Menuliskan penjelasan tentang lambang Pramuka secara terperinci
§ Siswa dapat Menjelaskan secara lisan arti lambang Pramuka
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D. Materi
§ Lambang
E. Kegiatan Pembelajaran
§ Mendengarkan penjelasan tentang lambang Pramuka.
§ Mencatat pokok-pokok penjelasan.
§ Menuliskan penjelasan tentang lambang secara terperinci.
§ Menjelaskan kembali secara lisan tentang arti lambang.
F. Langkah-langkah Pembelajaran:
§ Kegiatan Awal
Apersepsi dan Motivasi :
- Siswa diajak memperhatikan lambang Pramuka (Tunas Kelapa) yang dipajang di depan kelas.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang lambang Pramuka.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Sambil mendengarkan, siswa mencatat hal-hal penting penjelasan guru tentang arti lambang Pramuka.
F Selanjutnya siswa diminta menjelaskan kembali secara tertulis tentang lambang Pramuka sebagaimana penjelasan guru.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta menjelaskan kembali tentang lambang Pramuka secara lisan di depan teman-temannya.
G. Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen |
· Menjelaskan secara lisan arti lambang | Tertulis, penampilan | Uraian dan Lembar observasi | · Tuliskan penjelasan tentang lambang Pramuka secara terperinci ! · Jelaskan secara lisan arti lambang Pramuka ! |
No. | Unsur Penilaian | Nilai | Keterangan |
1. 2. 3. 4. | Ketelitian siswa membuat konsep penjelasan. Keberanian siswa menjelaskan arti lambang Pramuka Gaya penyampaian di depan kelas Kejelasan makna lambang Pramuka yang disampaikannya | | |
H. Sumber / Bahan
§ Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 18.
§ Lambang Pramuka/Tunas Kelapa
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. | Agus Priono | | | | | | |
2. | Ahmad Fauzi | | | | | | |
3. | Amri Ma'ruf | | | | | | |
4. | Anisa Lestari | | | | | | |
5. | Ardiansyah | | | | | | |
6. | Ari Suseno | | | | | | |
7. | Nurul 'Ain | | | | | | |
8. | Ruyati Latifah | | | | | | |
9. | Zidan Febrianto | | | | | | |
10. | Suryani | | | | | | |
11. | Maulana Purnama Muchdi | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui : | | Cikulu, 18 Juli 2011 |
Kepala MI Cikulu | | Guru Kelas |
| | |
A H D I, S.Pd.I | | S A H R O N I, A.Ma |
NIP. 196506071993031003 | | NUPTK. 0452760661200023 |