Sabtu, 07 Januari 2012

Laporan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)




BAB I
PENDAHULUAN

A.                Latar Belakang
Program pengalaman lapangan kerja (PPL) adalah titik kulminasi dari seluruh program pendidikan yang harus dialami oleh mahasiswa di (lembaga pendidikan tenaga kependidikan). Oleh karena itu, PPL dapat diartikan sebagai sebagai salah satu program yang merupakan ajang penelitian untuk menerapkan berbagai pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam rangka pembentukan guru yang professional dalam melaksanakan tugasnya. PPL adalah suatu program yang mempersyaratkan kemampuan aplikatif dan terpadu dari seluruh pengalaman belajar sebelumnya ke dalam program pelatihan berupa kinerja dalam semua hal yang berkaitan dengan jabatan keguruan, baik kegiatan mengajar maupun kegiatan kegueuan lainnya. Kegiatan-kegiatan itu di selenggarakan dalam bentuk pelatihan terbatas, pelatihan terbimbing, dan pelatihan mandiriyang diarahkan kepada terbentuknyakemampuan bimbingan dari dosen pembimbing dan guru pamong yang memenuhi syarat.
PPL merupakan mata kuliah proses belajar mengajar yang dipersyaratkan dalam pendidikan prajabatan guru. PPL sengaja dirancang untuk menyiapkan mahasiswa PPL agar memiliki atau menguasai kumampuan keguruan yang terpadu secara utuh, sehingga setelah mereka menjadi guru mereka dapat mengemban tugas dan tanggung jawab secara professional.

1
 
 Pelaksanaan PPL secara terjadwal dilakukan setelah mahasiswa calon guru dianggap mendapatkan bekal yang memadai dalam kegiatan berbagai bidang yang berkaitan dengan tugas-tugas sebagai guru seperti landasan kependidikan, penguasaan bidang studi serta hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan proses belajar mengajar.  Bakat dan kemampuan tesebut dari berbagai mata kuliah yang disajikan sejak para mahasiswa memasuki jenjang perguruan tinggi.
Hakikat yang diberikan pada PPL ialah untuk melatih mahasiswa PPL agar memiliki kemampuan memperagakan kinerja dalam situasi nyata, baik dalam kegiatan belajar mengajar maupun dalam tugas keguruan lainnya. PPL memberikan peluang secara bertahap kepada mahasiswa PPL untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab dalam merencanakan dan menyelenggarakan kegiatan pembelajaran dan tugas-tugas keguruan lainnya disekolah, dan diharapkan kelak dapat berguna di masa yang Akan datang.

Untuk file lengkapnya silahkan download di sini!

0 komentar:

Posting Komentar