Jumat, 11 Mei 2012

Laporan Akhir KKN


KATA PENGANTAR


Segala puji dan syukur kepada Illahi Rabbi yang telah memberikan segala kemudahan. Rahmat, dan karunia kepada kami sehingga pada akhirnya kami dapat menyelesaikan laporan Kuliah Kerja Nyata Belajar Bersama Masyarakat (KKN – BBM) yang bertemakan “ Dengan Kuliah Kerja Nyata Kita Tingkatkan Kompetensi diri melalui pelatihan teknologi komputer di kalangan remaja masjid ”.
Laporan ini merupakan suatu gambaran mengenai kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan selama melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata Belajar Bersama Masyarakat (KKN – BBM) di Desa Babakan Kecamatan Pangandaran Kabupaten Ciamis terhitung tanggal 01 April 30 April 2012.
Terlaksananya Kuliah Kerja Nyata Belajar Bersama Masyarakat (KKN – BBM) ini tentunya tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak yabg membatu kami melaksanakan program. Oleh karena itu, kami menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam kepada : 
  1. Bapak K.H. Munawir Abdurrohim, M.A selaku Ketua STAIMA Citangkolo Kota
  2. Banjar. Bapak K.H. Muharir Abdurrohim, S.H, M.Pd.I selaku Ketua LPPM STAIMA Kota Banjar.
  3. Bapak Dasep Supritana, S.Pd.I, MM selaku Dosen Pembimbing Akademik,
  4. Bapak Drs. Indik Siswaya, M.Pd  selaku dosen pembimbing KKN BBM yang  telah memberikan bimbingan dan motivasi. 
  5. Bapak Undang Herdi selaku Kepala Desa Babakan yang telah memberikan izin kepada kami untuk melaksanakan KKN BBM di Desa Babakan.
  6. Seluruh Aparatur Desa Babakan yang telah membantu dalam memberikan data-data yang diperlukan dalam penyusunan laporan ini.  
  7. Seluruh Masyarakat Desa Babakan yang telah menunjukan keramahan, antusiasme, dan penyambutan yang baik kepada kami
  8. Dan semua pihak  yang telah mendukung terlaksananya program-program KKN BBM STAIMA Kota Banjar
Tidak ada hal yang sempurna di dunia ini, segala kekurangan selama pelaksanaan program maupun dalam  penyusunan laporan ini semoga akan memotivasi kami untuk bisa melakukan yang lebih baik di masa mendatang. Sejalan dengan sebuah harapan bahwa pendidikan dan kesehatan adalah hal yang penting. Terkadang keduanya saling berkaitan. Besar harapan kami bahwa kedatangan kami ke Desa Babakan Kecamatan Pangandaran ini bisa memberikan sedikit cahaya perubahan bagi Desa ini.

Pangandaran, April 2012



 
                                                     Penyusun



BAB I
PENDAHULUAN


A.      Latar Belakang
Pendidikan pada dasarnya merupakan proses pendewasaan dan pemandirian  manusia secara sistematis, agar siap menjalani kehidupan  secara bertanggung jawab. Kuliah Kerja Nyata Belajar Bersama Masyarakat (KKN-BBM) merupakan salah satu program dalam pendidikan tinggi di Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Huda Al Azhar (STAIMA) Kota Banjar. KKN-BBM  lahir dari dasar pemikiran bahwa mahasiswa adalah calon sarjana  sebagai penerus pembangunan yang juga harus dapat bekerja untuk memecahkan masalah–masalah pembangunan yang ada dalam masyarakat.  Permasalahan di dalam pembangunan itu sangat kompleks dan perlu penanggulangan secara pragmatis. Untuk itu, perlu adanya persiapan atau pendidikan yang melatih para calon sarjana sebagai penerus pembangunan untuk bekerja secara interdisipliner dan menanggulangi permasalahan sesuai dengan kompetisi hard skills dan soft skills-nya.
Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Huda Al Azhar (STAIMA) Kota Banjar sebagai bagian integral masyarakat tentu saja turut bertanggung jawab terhadap berbagai persoalan yang ada di masyarakat. Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Huda Al Azhar (STAIMA) Kota Banjar yang juga sebagai bentuk academic social responsibility perguruan tinggi (PT), memiliki tanggung jawab moral untuk menanggulangi kemiskinan dengan segala metamorfosenya dan memajukan pembangunan bangsa.
Kegiatan Kuliah Kerja Nyata KKN-BBM, merupakan salah satu bentuk pengintegrasian kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. KKN-BBM dilaksanakan oleh mahasiswa dengan bimbingan para dosen pembimbing lapangan (DPL) dan dilaksanakan secara interdisipliner dan intrakurikuler. Karena itu, KKN-BBM di Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Huda Al Azhar (STAIMA) Kota Banjar merupakan bagian integral dari kurikulum Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Huda Al Azhar (STAIMA) Kota Banjar yang mengandung unsur pendidikan dan unsur pengabdian masyarakat dengan porsi pendidikan yang lebih besar.
Sebagai bagian integral dari sistem pendidikan tinggi maka dengan KKN-BBM diharapkan dapat menghasilkan sarjana penerus pembangunan yang lebih menghayati permasalahan yang sangat kompleks yang dihadapi masyarakat dalam pembangunan. Bersamaan dengan hal itu, mahasiswa juga sekaligus melakukan kegiatan belajar bersama masyarakat untuk menanggulangi berbagai permasalahan yang ada dalam masyarakat secara pragmatis dan interdisipliner.
KKN-BBM yang dikembangkan di Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Huda Al Azhar (STAIMA) Kota Banjar ini juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menjadi motivator dalam pemberdayaan masyarakat. Berbagai potensi daerah dan sumber daya manusia yang ada di masyarakat, perlu diberdayakan dan dioptimalkan agar nantinya masyarakat benar-benar menjadi berdaya untuk mengembangkan daerahnya secara mandiri.
KKN–BBM adalah suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa di tengah-tengah kehidupan masyarakat, dengan secara nyata turut membantu memecahkan masalah masyarakat berdasarkan kompetensi keilmuan masing-masing peserta KKN-BBM. Kompentensi disesuaikan dengan situasi, kondisi, masalah, dan prioritas kebutuhan masyarakat di lapangan dengan pendekatan interdisipliner dan ilmiah
Oleh karena itu, selain kegiatan pengelolaan KKN–BBM tidak saja menjamin diperolehnya pengalaman belajar melakukan kegiatan pembangunan masyarakat secara kongkret yang bermanfaat bagi mahasiswa  dan masyarakat di mana mereka ditempatkan, kegiatan dan pengelolaan KKN-BBM juga diarahkan untuk menjamin ”keterkaitan” antara dunia akademik, baik secara teoretik maupun empirik. Oleh karena itu, dalam pembuatan program KKN-BBM harus didasari atas sinkronisasi atau sinergisitas antara masalah apa yang ada dalam masyarakat dengan kompetensi mahasiswa peserta KKN-BBM. 
Untuk Bab selanjutnta silahkan klik disini ....... Atau di sini

0 komentar:

Posting Komentar