KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur kepada Illahi Rabbi yang telah memberikan
segala kemudahan. Rahmat, dan karunia kepada kami sehingga pada akhirnya kami
dapat menyelesaikan laporan Kuliah Kerja Nyata Belajar Bersama Masyarakat
(KKN – BBM) yang bertemakan “ Dengan Kuliah Kerja Nyata Kita Tingkatkan Kompetensi diri melalui
pelatihan teknologi komputer di kalangan remaja masjid ”.
Laporan ini merupakan suatu
gambaran mengenai kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan selama melaksanakan
program Kuliah Kerja Nyata Belajar Bersama Masyarakat (KKN – BBM) di Desa Babakan Kecamatan Pangandaran Kabupaten Ciamis terhitung tanggal 01 April – 30 April 2012.
Terlaksananya Kuliah
Kerja Nyata Belajar Bersama Masyarakat (KKN – BBM) ini tentunya
tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak yabg membatu kami melaksanakan
program. Oleh karena itu, kami menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam
kepada :
- Bapak K.H. Munawir Abdurrohim, M.A selaku Ketua STAIMA Citangkolo Kota
- Banjar. Bapak K.H. Muharir Abdurrohim, S.H, M.Pd.I selaku Ketua LPPM STAIMA Kota Banjar.
- Bapak Dasep Supritana, S.Pd.I, MM selaku Dosen Pembimbing Akademik,
- Bapak Drs. Indik Siswaya, M.Pd selaku dosen pembimbing KKN BBM yang telah memberikan bimbingan dan motivasi.
- Bapak Undang Herdi selaku Kepala Desa Babakan yang telah memberikan izin kepada kami untuk melaksanakan KKN BBM di Desa Babakan.
- Seluruh Aparatur Desa Babakan yang telah membantu dalam memberikan data-data yang diperlukan dalam penyusunan laporan ini.
- Seluruh Masyarakat Desa Babakan yang telah menunjukan keramahan, antusiasme, dan penyambutan yang baik kepada kami
- Dan semua pihak yang telah mendukung terlaksananya program-program KKN BBM STAIMA Kota Banjar
Tidak ada hal yang sempurna di dunia ini, segala kekurangan selama
pelaksanaan program maupun dalam
penyusunan laporan ini semoga akan memotivasi kami untuk bisa melakukan
yang lebih baik di masa mendatang. Sejalan dengan sebuah harapan bahwa pendidikan
dan kesehatan adalah hal yang penting. Terkadang keduanya saling berkaitan.
Besar harapan kami bahwa kedatangan kami ke Desa Babakan Kecamatan Pangandaran ini bisa memberikan sedikit cahaya
perubahan bagi Desa ini.
Pangandaran, April 2012
|
Penyusun
A.
Latar Belakang
Pendidikan
pada dasarnya merupakan proses pendewasaan dan pemandirian manusia secara sistematis, agar siap
menjalani kehidupan secara bertanggung
jawab. Kuliah Kerja Nyata Belajar Bersama Masyarakat (KKN-BBM) merupakan salah
satu program dalam pendidikan tinggi di Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul
Huda Al Azhar (STAIMA) Kota Banjar. KKN-BBM
lahir dari dasar pemikiran bahwa mahasiswa adalah calon sarjana sebagai penerus pembangunan yang juga harus
dapat bekerja untuk memecahkan masalah–masalah pembangunan yang ada dalam masyarakat. Permasalahan di dalam pembangunan itu sangat
kompleks dan perlu penanggulangan secara pragmatis. Untuk itu, perlu adanya
persiapan atau pendidikan yang melatih para calon sarjana sebagai penerus
pembangunan untuk bekerja secara interdisipliner dan menanggulangi permasalahan
sesuai dengan kompetisi hard skills
dan soft skills-nya.
Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Huda Al Azhar (STAIMA) Kota Banjar sebagai bagian integral masyarakat tentu saja turut bertanggung jawab terhadap berbagai persoalan yang ada di masyarakat. Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Huda Al Azhar (STAIMA) Kota Banjar yang juga sebagai bentuk academic social responsibility perguruan tinggi (PT), memiliki tanggung jawab moral untuk menanggulangi kemiskinan dengan segala metamorfosenya dan memajukan pembangunan bangsa.
Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Huda Al Azhar (STAIMA) Kota Banjar sebagai bagian integral masyarakat tentu saja turut bertanggung jawab terhadap berbagai persoalan yang ada di masyarakat. Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Huda Al Azhar (STAIMA) Kota Banjar yang juga sebagai bentuk academic social responsibility perguruan tinggi (PT), memiliki tanggung jawab moral untuk menanggulangi kemiskinan dengan segala metamorfosenya dan memajukan pembangunan bangsa.
Kegiatan
Kuliah Kerja Nyata KKN-BBM, merupakan salah satu bentuk pengintegrasian
kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. KKN-BBM
dilaksanakan oleh mahasiswa dengan bimbingan para dosen pembimbing lapangan
(DPL) dan dilaksanakan secara interdisipliner dan intrakurikuler. Karena itu,
KKN-BBM di Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Huda Al Azhar (STAIMA) Kota
Banjar merupakan bagian integral dari kurikulum Sekolah Tinggi Agama Islam
Miftahul Huda Al Azhar (STAIMA) Kota Banjar yang mengandung unsur pendidikan
dan unsur pengabdian masyarakat dengan porsi pendidikan yang lebih besar.
Sebagai
bagian integral dari sistem pendidikan tinggi maka dengan KKN-BBM diharapkan
dapat menghasilkan sarjana penerus pembangunan yang lebih menghayati
permasalahan yang sangat kompleks yang dihadapi masyarakat dalam pembangunan.
Bersamaan dengan hal itu, mahasiswa juga sekaligus melakukan kegiatan belajar
bersama masyarakat untuk menanggulangi berbagai permasalahan yang ada dalam
masyarakat secara pragmatis dan interdisipliner.
KKN-BBM
yang dikembangkan di Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Huda Al Azhar (STAIMA)
Kota Banjar ini juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menjadi
motivator dalam pemberdayaan masyarakat. Berbagai potensi daerah dan sumber
daya manusia yang ada di masyarakat, perlu diberdayakan dan dioptimalkan agar
nantinya masyarakat benar-benar menjadi berdaya untuk mengembangkan daerahnya
secara mandiri.
KKN–BBM
adalah suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada
mahasiswa di tengah-tengah kehidupan masyarakat, dengan secara nyata turut
membantu memecahkan masalah masyarakat berdasarkan kompetensi keilmuan
masing-masing peserta KKN-BBM. Kompentensi disesuaikan dengan situasi, kondisi,
masalah, dan prioritas kebutuhan masyarakat di lapangan dengan pendekatan
interdisipliner dan ilmiah
Oleh
karena itu, selain kegiatan pengelolaan KKN–BBM tidak saja menjamin
diperolehnya pengalaman belajar melakukan kegiatan pembangunan masyarakat
secara kongkret yang bermanfaat bagi mahasiswa
dan masyarakat di mana mereka ditempatkan, kegiatan dan pengelolaan
KKN-BBM juga diarahkan untuk menjamin ”keterkaitan” antara dunia akademik, baik
secara teoretik maupun empirik. Oleh karena itu, dalam pembuatan program
KKN-BBM harus didasari atas sinkronisasi atau sinergisitas antara masalah apa
yang ada dalam masyarakat dengan kompetensi mahasiswa peserta KKN-BBM.
0 komentar:
Posting Komentar